Visi Misi

VISI, MISI, TUGAS, DAN SEJARAH SD NEGERI UNGGULAN MAGETAN

Visi Sekolah Dasar Negeri Unggulan Magetan adalah:

“Unggul dalam logika, etika, estetika, humaniora, praktika, peduli lingkungan, dan berkompetisi di era global” dengan motto “Joyful Learning and Global Competitiveness”.

Sekolah Dasar Negeri Unggulan Magetan sebagai masyarakat belajar (learning society)  yang  Transformatif, Aktif, Kolaboratif, Inovatif  dan Mandiri bagi tercapainya kecerdasan budaya lulusan ( educated human being ) untuk kepentingan pendidikan lanjutan maupun kehidupannya di masyarakat global–multikultural kini dan masa depan.

Misi Sekolah Dasar Negeri Unggulan Magetan adalah:

Sekolah sebagai pusat kebudayaan yang meliputi sekolah sebagai:

  1. Pusat pendidikan logika/ilmiah;
  2. Pusat pendidikan etika;
  3. Pusat pendidikan estetika;
  4. Pusat pendidikan humanika;
  5. Pusat pendidikan pemberdayaan warga sekolah untuk cinta kehidupan alam, peduli, dan berbudaya lingkungan melalui: (a) pelestarian budaya dan lingkungan hidup, (b) pencegahan pencemaran budaya dan lingkungan hidup, (c) penanggulangan kerusakan budaya dan lingkungan hidup, (d) pemberdayaan budaya dan lingkungan hidup;
  6. Pusat pendidikan pemberdayaan kesadaran warga sekolah untuk hidup bersih dan sehat;
  7. Pusat pendidikan praktika dan pembelajaran berbasis IT;
  8. Pusat gerakan literasi sekolah.

Tugas Sekolah Dasar Negeri Unggulan Magetan adalah mendidik dan membelajarkan anak sebagai berikut:

  1. Mengembangkan anak untuk menjadi warga dunia dalam prespektif bahasa, budaya dan belajar hidup bersama dalam masyarakat global-multikultural.
  2. Membangun dan mendorong pribadi siswa untuk memiliki identitas diri sebagai bangsa dan kesadaran akan budaya nasional.
  3. Membantu anak untuk mengenal dan menghayati nilai-nilai universal kemanusiaan.
  4. Menstimulasi keingintahuan dan kebiasaan untuk menyelidiki agar supaya dapat membantu semangat untuk menemukan dan kegemaran belajar.
  5. Melengkapi anak dengan keterampilan belajar untuk mendapatkan pengetahuan secara individual maupun secara kolaboratif, dan mampu menerapkan keterampilan dan pengetahuannya itu dalam berbagai bidang dan keperluan secara luas.

Sejarah Sekolah Dasar Negeri Unggulan Magetan:

Konsep awal dari pendirian SDN Unggulan Magetan ini adalah Sekolah Bertaraf Internasional Magetan. Berdirinya SD Negeri Bertaraf Internasional Kabupaten Magetan berdasarkan Penandatanganan Kesepakatan Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidika Nasional dengan Bupati Magetan, tanggal 06 Juni 2006, Nomor: 2726/C.C2/LK/2006, dan Nomor: 420/1978/403.021/2006 tentang kesepakatan Pembangunan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional di Kabupaten Magetan.

Sehubungan dengan dikeluarkannya Putusan MK nomor: 5/PUU-X/2012 yang membatalkan pasal dalam UU Sisdiknas yang mengatur RSBI, dinilai secara otomatis membubarkan penyelenggaraan kelas internasional yang berada di sekolah RSBI. Hal ini berdampak pula pada SDN Unggulan Kab. Magetan yang pada awalnya bernama SDN Bertaraf Internasional Magetan. Menimbang surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 017/MPK/SE/2013 tanggal 30 Januari 2013 tentang kebijakan transisi RSBI dan mengingat pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, maka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan membuat keputusan pada tanggal 13 Maret 2013 dengan Nomor: 420/045/KEPT/403.101/2013 tentang perubahan nama TK dan SD Negeri Bertaraf Internasional Magetan menjadi TK dan SD Negeri Unggulan Magetan.

Meskipun telah terjadi perubahan nama yang dari awalnya SDN Bertaraf Internasional menjadi SDN Unggulan Magetan, hal ini tidak merubah sistem kurikulum maupun pembelajaran yang selama ini telah dilaksanakan. Hal ini dikarenakan kesepakatan kerjasama antara SDN Unggulan Magetan dengan Yayasan Badan Pengembangan Laboratorium Pendidikan Universitas Negeri Malang ( BPLP UN Malang ) masih berlanjut sampai sekarang dengan nomor perjanjian MoU 29.22/UN32.68/TU/2016. Kerjasama dengan BPLP UN Malang merupakan wujud pengembangan kurikulum nasional yang dilaksanakan oleh SDN Unggulan Magetan, sehingga materi kurikulum tersebut bersifat life skill atau sebagai kurikulum tambahan tanpa mengganggu ataupun mengurangi kurikulum nasional. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk melaksanakan pelatihan maupun pendampingan kepada Kepala Sekolah dan Guru SDN Unggulan Magetan dalam merumuskan dan mengembangkan rencana strategis pengembangan International Class Programme (CIE).

Sehingga gambaran tentang SDN Unggulan Magetan berdasarkan pada penjelasan diatas adalah sekolah dasar yang telah memenuhi seluruh aspek Standar Nasional Pendidikan, baik standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian; serta merupakan penguatan, pengayaan, pengembangan, perluasan, pendalaman kemampuan yang diyakini diperlukan untuk bekal hidup dalam pergaulan global. Selain menguasai SNP Indonesia, lulusan SDN Unggulan Magetan  juga perlu menguasai kemampuan-kemampuan kunci global, seperti bahasa internasional, teknologi informasi agar setara dengan rekannya dari negara-negara maju.

SD Negeri Unggulan Magetan Full Day School Terbaik di Kabupaten Magetan